AFF U-16: Prestasi Cemerlang Garuda Muda di Piala AFF 2024

Kamis, 4 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Timnas U-16

Timnas U-16

HARIANSINARPAGI.COM,Banten | Timnas U-16 Indonesia berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih peringkat ketiga di kejuaraan sepakbola Piala AFF tahun 2024. Dalam pertandingan terakhir yang berlangsung di Stadion Manahan pada Rabu (03/07/2024), Garuda Muda tampil memukau dengan mengalahkan Timnas Vietnam dengan skor telak 5-0. Kemenangan ini menjadi penawar luka atas kekalahan sebelumnya dari Australia di babak semifinal.

Pertandingan Mengesankan Melawan Vietnam

Pertandingan melawan Vietnam dimulai dengan semangat tinggi dari anak asuh pelatih Nova Aryanto. Mereka langsung tancap gas untuk meraih kemenangan dan membuktikan kualitas permainan mereka. Namun, meski menguasai jalannya pertandingan, gol pertama baru tercipta di penghujung babak pertama. Zahaby Gholy membuka keunggulan Indonesia dengan golnya yang memukau, diikuti oleh gol dari Dafa Zaidan.

Memasuki babak kedua, permainan semakin sengit. Zahaby Gholy kembali menunjukkan kehebatannya dengan mencetak gol kedua, sementara pemain pengganti, Daniel Alfredo, berhasil menambah dua gol lagi, menjadikan Indonesia menang telak 5-0 atas Vietnam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tanggapan Pelatih Nova Aryanto

Dalam sesi jumpa pers setelah pertandingan, pelatih Nova Aryanto mengakui bahwa laga tersebut berjalan cukup berat, terutama karena waktu recovery yang sangat singkat. Namun, Nova memberikan apresiasi tinggi kepada para pemain yang mampu mengikuti instruksi dengan baik dan tetap tampil maksimal meskipun dalam kondisi yang tidak ideal.

Baca juga:  Permendag Baru Upaya Peningkatan Kebijakan Publik Dalam Mewujudkan Sistem Bea Cukai Yang Adil dan Efisien

“Setiap kemenangan tetap kami syukuri, termasuk kemenangan atas Vietnam. Kami memberikan apresiasi kepada seluruh pemain yang masih mampu memberikan yang terbaik dan mengikuti semua instruksi seperti yang sudah diterapkan saat menjalani sesi latihan terakhir,” ujar Nova.

Lebih lanjut, Nova Aryanto juga menekankan bahwa tujuan utama Garuda Muda terjun di kompetisi Piala AFF adalah sebagai ajang penempaan diri menuju tim senior. “Kami optimis para pemain bisa terus berkembang, dan meraih hasil yang bagus di berbagai event lainnya,” tambahnya.

Dukungan dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ketua umum PSSI, Erick Thohir, turut memberikan pujian kepada seluruh pemain yang tampil luar biasa. Menurut Erick, kemenangan telak 5-0 atas Vietnam membuktikan bahwa Timnas U-16 memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan tim-tim besar seperti Australia dan Thailand.

Baca juga:  Ketua DPC LSM JPK Kabupaten Tangerang Apresiasi Seroja Grup bagikan Takjil Untuk Masyarakat

“Kemenangan telak 5-0 juga menjadi bukti jika Timnas U-16 tidak kalah kelas dan memiliki kemampuan yang setara dengan Australia dan juga Thailand,” kata Erick.

Erick juga menekankan pentingnya kemenangan ini dalam menghadapi rivalitas dengan Vietnam, yang selama ini menjadi seteru kuat Timnas Indonesia di berbagai ajang seperti SEA Games dan Pra Piala Dunia.

Penghargaan untuk Zahaby Gholy

Selain meraih peringkat ketiga, pemain timnas U-16, Zahaby Gholy, juga dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam turnamen ini. Performa gemilangnya sepanjang kompetisi menjadi salah satu kunci sukses Timnas U-16 Indonesia.

Final Dramatis Australia vs Thailand

Sementara itu, di partai final Piala AFF U-16 tahun 2024, Australia berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Thailand melalui adu penalti dengan skor 9-8. Pertandingan yang berlangsung dramatis ini terpaksa dilanjutkan ke adu tendangan 12 pas setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal 2 x 45 menit.

Baca juga:  DPD PWRI Lampung dan LBH PWRI Ucapkan Selamat Berkarya dan Bertugas Seluruh PJU Polda

Masa Depan Cerah Timnas U-16 Indonesia

Keberhasilan Timnas U-16 Indonesia meraih peringkat ketiga di Piala AFF 2024 menjadi tanda positif bagi masa depan sepak bola Indonesia. Para pemain muda ini menunjukkan potensi besar dan kemampuan untuk bersaing di tingkat internasional. Dengan bimbingan yang tepat dan pengalaman bertanding yang terus bertambah, tidak diragukan lagi bahwa mereka akan menjadi pilar utama timnas senior di masa depan.

Pencapaian ini juga membuktikan bahwa program pengembangan pemain muda yang dijalankan oleh PSSI dan para pelatih berjalan dengan baik. Diharapkan, generasi muda ini dapat terus mengasah kemampuan mereka dan membawa Indonesia meraih prestasi lebih tinggi di kancah sepak bola dunia.

Dengan semangat juang dan dedikasi yang tinggi, Timnas U-16 Indonesia telah menunjukkan bahwa mereka adalah masa depan yang cerah bagi sepak bola Indonesia. Mari kita terus dukung dan berikan apresiasi kepada para pahlawan muda ini agar mereka semakin termotivasi untuk meraih lebih banyak lagi kemenangan di masa mendatang.

Berita Terkait

FSP KEP KSPSI Kupas Tuntas UU No. 4 Tahun 2024, Dedi Sudarajat: Perusahaan Wajib Beri Cuti 6 Bulan Melahirkan
Jambi Perkuat Kemampuan Desain Grafis untuk Dorong Publikasi Media Pemerintah
Kemendagri Dorong Pemda Adopsi Konsep IKE dalam Kebijakan Transfer Fiskal
Bidkeu Polda Banten Melaksanakan Kegiatan Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Polda Banten Semester I T.A. 2024
Pangkoopsud I Hadiri Upacara Pelepasan Delegasi Bantuan Kemanusiaan
Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 Polda Banten Ikuti Pagelaran Wayang Kulit via Zoom Meeting
Tingkatkan Kualitas IGA 2024, BSKDN Kemendagri Siapkan Sejumlah Inisiatif Baru
Kemendagri Dukung Penuh Draft Terakhir RUU RPJPN 2025-2045
Berita ini 13 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 01:14

FSP KEP KSPSI Kupas Tuntas UU No. 4 Tahun 2024, Dedi Sudarajat: Perusahaan Wajib Beri Cuti 6 Bulan Melahirkan

Jumat, 12 Juli 2024 - 02:30

Jambi Perkuat Kemampuan Desain Grafis untuk Dorong Publikasi Media Pemerintah

Rabu, 10 Juli 2024 - 13:56

Kemendagri Dorong Pemda Adopsi Konsep IKE dalam Kebijakan Transfer Fiskal

Senin, 8 Juli 2024 - 20:57

Pangkoopsud I Hadiri Upacara Pelepasan Delegasi Bantuan Kemanusiaan

Sabtu, 6 Juli 2024 - 12:56

Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 Polda Banten Ikuti Pagelaran Wayang Kulit via Zoom Meeting

Berita Terbaru